Jumat, 05 Oktober 2012

DRAF LAPORAN Membersihkan/Mencuci mesin perah dan peralatan susu


ACARA II
Membersihkan/Mencuci mesin perah dan peralatan susu

PENDAHULUAN

a.        Latar belakang
Mesin pemerah susu maupun semua peralatan yang sudah dipakai untuk memerah harus dibersihkan. Karena mesin atau alat tersebut akan dipakai lagi untuk memerah sapi untuk selanjutnya.  Jika alat tesebut tidak dibersihkan, maka alat tersebut tidak dapat dipakai karena alat tersebut kotor sehingga tidak layak untuk dipakai.oleh sebab itu,alat tersebut harus dibersihkan dan untuk menghindari kontaminasi ataupun mencegah masuknya mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit atau bias menjadikan susu menjadi tidak enak diminum.

b.        Tujuan dan kegunaan praktikum
Ø  Tujuan praktikum
Praktikum ini bertujuan untuk membersihkan alat yang dipakai untuk memerah sapi dan mengetahui pentingnya kebersihan itu agar susu yang akan diperah tidak terkontaminasi oleh mikroorganisme.
Ø  Kegunaan praktikum
Kegunaan dari praktikum ini adalah agar kita dapat memakai kembali alat yang dipakai untuk memerah susu tersebut,dan pentingnya kebersihan.
c.         Tempat dan tanggal praktikum
-          Tempat praktikum :INSIMINASI BUATAN BANYU MULEK
-          Tanggal praktikum :…………… 2012


TINJAUAN PUSTAKA
Robot Pemerah
akhir-akhir ini telah ditemukan alat atau mesin untuk memerah susu terbaru, yaitu robot pemerah susu. Seperti yang terdapat pada Kompas cyber media.com Kamis, 29 Desember 2005 yaitu para peternak sapi di Australia telah menggunakan robot tersebut untuk memerah susu ternaknya.

Dengan Mesin Perah Harga Susu Jadi Tinggi. Itulah suatu judul artikel yang ada di www.agrina-online.com. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa ada seorang peternak yang dulunya menggunakan cara tradisional dalam memerah susu ternaknya dan sekarang menggunakan mesin pemerah susu memperoleh hasil kualitas susu yang baik. Yaitu total jumlah kuman turun 75%. Total solid menjadi 12,3%, dan produktivitas meningkat 20%.

MATERI DAN METODE PRAKTIKUM
                                                    
Praktikum Manajemen Ternak Perah dilaksanakan pada tanggal …….sampai………2012 di INSIMINASI BUATAN BANYU MULEK, Kecamatan Labuapi , Kabupaten Lombok barat.
Alat dan bahan
Alat-alat dan bahan yang diperlukan:
Ø Alat pemerah susu
Ø Busa/kain pembersih alat-alat
Ø Sabun pembersih alat-alat susu
Ø Air
Metode praktikum
1.      Setelah selesai melakukan pemerahan, penyaringan dan pengukuran susu semua alat-alat yang di gunakan kemudian di bersihkan dengan menggunakan sabun pembersih agar mikroorganisme tidak berkembang dan alat bisa digunakan lagi.
2.      Menyiram alat ersebut sampai benar-benar bersih.

DAFTAR PUSTAKA
Riyanto, Selamot. 2006. Dengan Mesin Perah Harga Susu Jadi Tinggi.http://www.agrina-online.com/show_article.php?rid=7&aid=1256

Wah.2005.Robot Pemerah Susu. http://64.203.71.11/teknologi/news/0512/29/ 161009.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar