Selasa, 17 April 2012

BABI

 BABI
Asal-usul Ternak Babi
    Ada 2 teori yang saling bertentangan mengenai asal-usul ternak babi :
a.    Babi dijinakkan dibeberapa centa (pusat-pusat) peternakan yang terpisah satu sama lain dan berdiri sendiri-sendiri.
b.    Babi dijinakkan disuatu pusat peternakan di asia sebelah barat dan babi jinak secara berangsur-ansur disebarkan dari pusat ini ke asia tengara. Eropa dan Afrika.
    Epstain (1971); dikutip payne dan Williamson (1978) menyatakan bahwa adanya babi jinak di cayony di Anatolia tenggara, Turki (7.000 SM) mendahului pemunculannya disemua pusat  penjinakan dibeberapa Negara. Ada petunjuk bahwa mulai diternakkan dicina dizaman neolitic, kira-kira tahun 3.000 SM.

Bangsa Babi Utama di Tropik
    Bansa babi digolongkan menjadi 3 tipe :
1.    Pork, daging
2.    Bacon, daging berlemak
3.    Lemak, lard
    Bangsa babi inggris dan amerika banyak diguankan untuk pemuliaan dan penyilangan dengan babi local tropic.

Bansga Babi Asal Inggris
1.    Berkshire
            Bangsa babi ini pertama kali dinilai sebagai standart kesempurnaan babi. Pada tahun 1970, babi Berkshire digambarkan sebagai babi yang berukuran besar, berwarna hitam, cungur panjang dan bengkok, badan panjang tetapi tebal tidak dalam dan kakinya pendek. Sekitar tahun 1800 tipe babi asli disilangkan dengan babi China, kemudian dengan babi Siam dan Neopolitan. Sekarang ada 2 tipe yang nyata :
a.    Tipe pork inggris, yang ditandai oleh :
•    Cepat dewasa
•    Fertilitas (=fecundity) sedang
b.    Tipe Canada,
•    Lambat dewasa
•    Untuk produksi bacon
2.    Large Black
            Bangsa babi ini dihasilkan dari persilangan babi local dari Negara-negara dibagian timur ingris dengan babi neopolitan. Babi ini panjang, berwarna hitam dengan telinga mengantung dan ham-nya baik, babi ini digolongkan yang baik sebagai pengasuh anak dan perenggut hijauan. Babi diternakkan untuk produksi pork atau bacon dan banyak digunakan untuk pemuliaan babi local didaerah tropic.
3.    Large White atau Yorkshire
            Babi ini besar, panjang, berwarna putih, ukuran badan tidak seluas dan sedalam babi tipe lard. Babi ini kemungkinan paling cepat berkembang melahirkan anak disbanding babi-babi lain di inggris dan amerika, babi betina menghasilkan air susu dan pengasuh anal babi yang baik.
4.    Babi middle white
            Bangsa babi ini dikembangkan dar bangsa babi dasar seperti pada Large White, tetapilebih banyak pengaruh bangsa babi China disbanding babi eropa lain. Bangsa babi ini telah banyak dipakai di Asia tenggara untuk pemuliaan tipe babi china, tetapi sekarang tidak lagi popular diinggris karena karkasnya yang dihasilkan banyak mengandung lemak.
5.    Babi Tamworth
            Babi tamworth berukuran panjang sempit badannya, berulu kasar, dipadang lambat dewasa dan diternakkan untuk produksi bacon. Babi ini sangat ekonomis, kuat dan tak begitu peka terhadap sengatan sinar matahari dibanding asal babi daerah dingin.

    Asal Babi Amerika
1.    Babi Duroc Jerseys
            Babi ini besar, berwarna merah kulitnya dan tipe lard, dan ditandai dengan sifat yang baik dalam memanfaatkan makanan dan tinggi fertilitasnya.
2.    Babi Hampshire
            Babi sangat nyata adanya dengan warna hitamnya dan berwarna putih seperti ikat pingang dibagian ¼ badan muka. Ukuannya sedang cepat berbiak, induk bersifat pengasuh dan mengkonvensi makanan dengan baik. Sangat popular di Amerika tropic.
3.    Babi Poland China
            Babi ini berukran besar, tipe lard, sesuai menjadi pengubah jagung menjadi daging berlemak. Warnanya sama babi Berkshire (hitam) hanya berujung moncong putih. Banyak digunakan di amerika tropic karena memanfaatkan makanan denan baik.
   
 Bangsa Babi Dari Latitude Tengah
1.    Babi Landrace
            Sekarang ada beberapa tipe babi Landrace Denmark, Swedia, Amerika, dan sebagainya. Bangsa babi landrace yang menunjukkan keistimewaan adalah landrace Denmark.
2.    Babi Craon dan Edelschwein
            Babi ini banyak di eksport dari eropa kedaerah tropic, tetapi tak berperan khusus dan menjadi tak penting di tropic.
   
 Bangsa Babi Asia Tenggara
1.    Babi Canton = Babi River Delta
            Babi ini ditandai dengan warna hitam putih dan punggungnya yang melengkung dan adalah suatu tipe babi asal China Selatan. Babi ini di inggris disebut babi china, di Portugal disebut Macao juga di Brasil disebut babi macao. Kepala babi ini kecil dengan profil sedikit lengkung; punggungnya melengkung dan perutnya menggantung. Babi ini sangat subur.
2.    Babi China Atau Malaysia
            Dulu babi ini umum terapat di Malaysia, sekrang jarag ada, karna mengalami pemuliaan terus-menerus. Bangsa babi ini mengalami persilangan dengan babi middle white dan large balck kemudian dengan large white dengan landrace.
3.    Babi Laos, Vietnam dan Thailand
            Bangsa babi ini mirip babi China dan mengalami pemuliaan yang sangat luas. Babi ini besar, berwara hitam, tipe lard dan punggungnya lengkung.
4.    Babi-babi Filipina
a.    Babi Ilococ
b.    Babi Jalajal, dan
c.    Babi Koronadal
            Ketiga bangsa babi tersebut punggungnya lengkung biasanya berwarna hitam. Ukurannya lebih kecil, kurang berkembang biak disbanding babi Canton dan Malaysia.
5.    Babi Birma dan Babi China Kerdil
            Babi Birma berwarna hitam babi China kerdil berukuran kecil dengan berat dewasa 30 kg.
6.    Bangsa Babi Iban atau Kayan dari Sarawak
            Bangsa babi ini adalah keturunan langsung babi liar Sus Vittatus. Penampilannya nyata berukuran kecil berwarna umum hitam atau hitam-putih. Cungurnya panjang kepalanya sempit, jarak kedua mata sangat dekat, lehernya pendek, telinganya tegak.
  
  Bangsa Babi Afrika

Babi Afrika Barat
        Banyak beberapa tipe babi yang berbeda sepanjang daerah Afrika barat yang mempunyai persamaan asal usulnya, yang nenek moyangnya berasal dari daerah Mediterranean. Warnanya bervariasi, hitam, putih, atau becak-bercak (belang-belang,=pied).
Babi Bakosi dari Cmeroun adalah paling terkenal, ukuranya kecil, berwarna hitam, badannya panjang, kepalanya runcing.
    Bangsa Babi Amerika Tengah dan Amerika Selatan
            Pada umumnya, yang ada adalah babi keturunan babi spanyol dan Portugis atau babi liar yang diternakkan untuk produksi lard-nya. Kebanyakan babi-babi ini tak berambut. Babi Pelon adalah babi laerd Meksiko yang tak berambut. Babi Cuino asal keturunan babi China, berukuran kecil, tulangnya halus, kulit dan bulu berkerut dan sering disilangkan dengan babi Berkshire yang menghasilkan babi Cuino De Pachuca.

1 komentar: